GELAR RAT XXVIII TAHUN BUKU 2018, INI CAPAIAN KOPMA BAHTERA MANUNGGAL POLINES


POLINES, KOPMA BM (13/4) - Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi dalam koperasi untuk mempertanggungjawabkan kinerja pengurus dan badan pengawas selama satu periode kepengurusan, menetapkan AD/ART serta sebagai sarana bagi anggota dalam melakukan pengawasan dan pengambilan keputusan untuk kemajuan koperasi.

Kopma Bahtera Manunggal Politeknik Negeri Semarang mengadakan RAT ke XXVIII Tahun Buku 2018 pada hari Sabtu, 13 April 2019 dengan tema “Tingkatkan Kontribusi, Wujudkan Transparansi Demi Terciptanya Koperasi Berintegrasi”. Adapun rangkaian acara dari kegiatan ini adalah laporan pertanggungjawaban dan evaluasi kinerja pengurus periode 2018/2019, pengesahan AD/ART serta pemilihan General Manager, Wakil General Manager , dan Badan Pengawas periode 2019/2020.

RAT ke XXVIII Tahun Buku 2018 dimulai pukul 07.30 WIB bertempat di Ruang Auditorium Polines. Acara ini diikuti hampir 200 peserta dan dihadiri oleh tamu undangan seperti Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Dewan Koperasi Indonesia Daerah Semarang (DEKOPINDA), Bapak Adhy Purnomo selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan mewakili Institusi, serta rekanan Kopma sekitar Kota Semarang. RAT ke XXVIII Tahun Buku 2018 dibuka secara simbolis oleh Bapak Aiptu  Purn Yawingun mewakili DEKOPINDA dan Bapak Tommy Prayitno mewakili Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang.

“Selama menghadiri penyelenggaraan RAT, persiapan yang dilakukan kopma ini adalah yang terbaik tidak hanya sebatas RAT biasa. Saya sangat mengapresiasi Kopma Bahtera Manunggal dengan variasi acara yang diselenggarakan selama periode 2018/2019 dan tidak lupa setiap acara yang ada di Kopma BM melibatkan Dinas Koperasi” jelas Bapak Tommy Prayitno perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang dalam sambutannya.

Nur Chasanah selaku Ketua Badan Pengawas 2018/2019 sekaligus ketua pelaksana juga mengungkapkan “melalui tema tersebut, kita ingin memaksimalkan partisipasi seluruh anggota untuk membuat kopma yang berintegrasi yaitu satu kesatuan yang utuh. Dan evaluasi dengan transparansi bertujuan agar pengurus bisa mawas diri atas apa yang harus diperbaiki untuk tahun selanjutnya. Sehingga dengan adanya transparansi kopma, pengurus yang mawas diri dan partisipasi anggota akan mempermudah mencapai tujuan kopma”

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian laporan pertanggungjawaban kinerja pengurus periode 2018/2019 kepada anggota. Kopma dalam melakukan kegiatan usaha mengalami peningkatan pendapatan dari 2017 sebesar Rp408 juta menjadi Rp413 juta pada 2018. Dari sisi ekuitas, pada 2017 jumlah ekuitas hanya sebesar Rp148juta meningkat menjadi Rp 191juta. Begitu juga untuk perolehan sisa hasil usaha (SHU) meningkat dari 2017 sebesar Rp30 juta menjadi Rp42 juta.

“Alhamdulillah, para pengurus telah mengusahakan semaksimal mungkin agar usaha kopma berkembang dengan pendapatan yang meningkat. Pastinya ada hal yang tidak berjalan sesuai rencana dan semoga hal tersebut dapat menjadi evaluasi bagi kepengurusan selanjutnya, karena harapan kepengurusan yang akan datang pasti lebih baik dari kepengurusan tahun sebelumnya” ungkap Ferian Azrul Mukhsinin selaku General Manager 2018/2019.

Selama acara berlangsung, para peserta yang hadir dalam RAT ini mengaku senang bisa diundang dalam acara ini karena dapat mengetahui perkembangan kopma tiap tahun dan rangkaian acaranya cukup menarik seperti yang diungkap Nur Indah Yuliastri salah satu perwakilan kelas “Saya suka acara ini, kegiatannya terstruktur dan banyak doorprisenya sehingga audience menjadi lebih semangat. Harapannya usaha-usaha kopma ke depan dapat berkembang lebih baik”.

Rangkaian acara berikutnya yaitu menetapkan dan mengesahkan sidang AD/ART untuk kepengurusan periode 2019/2020 yang dipimpin oleh Rizki Nurahmat Saputra sebagai presidium tetap 1, Ratri Suprihatin sebagai sebagai presidium tetap 2, dan Lilis Tiya M.W sebagai presidium tetap 3. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan debat calon General Manager Kopma BM 2019/2020 dengan Kandidat nomor urut 1 adalah Achmad Ridwan jurusan akuntansi, Kandidat nomor urut 2 Sofia Shafira jurusan administrasi bisnis, Kandidat nomor urut 3 Chikmatul Choiriyah jurusan administrasi bisnis dan Kandidat nomor urut 4 Syafiq Fajrun Anam Nurudin jurusan teknik mesin.

Setelah keempat calon melakukan sesi debat, diadakan musyarawah untuk menentukan General Manager periode selanjutnya yang dipimpin oleh Ferian Azrul Mukhsinin selaku General Manager periode 2018/2019. Forum sepakat untuk memilih kandidat nomor 1 yaitu Achmad Ridwan sebagai General Manager 2019/2020 dan General Manager terpilih menentukan wakilnya dengan menunjuk Chikmatul Choiriyah sebagai Wakil General Manager 2019/2020. Acara berikutnya adalah pemilihan ketua badan pengawas baru yang dipimpin oleh Nur Chasanah selaku Ketua Badan Pengawas 2018/2019 dengan menunjuk Talita Firanaila Yumna sebagai Ketua Badan Pengawas 2019/2020 dan ketua badan pengawas memilih Fariha Idhia A dan Kurnia Anggita R  sebagai anggota badan pengawas periode 2019/2020.

“Saya sampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya, semoga dapat menjadi pemimpin yang amanah. Mari kita semua saling membantu, saling percaya dan saling mengingatkan untuk menjadikan kopma lebih baik” ucap Achmad Ridwan selaku General Manager terpilih.

Dengan diadakannya kegiatan Rapat Anggota Tahunan diharapkan dapat menambah pengetahuan kinerja pengurus selama satu periode kepengurusan, menetapkan sebuah kebijakan dan menentukan pemimpin baru serta meningkatkan partisipasi anggota untuk mecapai tujuan kopma. BRAVO KOPMA!

Pembukaan RAT ke XXVIII Tahun Buku 2018

Laporan pertanggungjawaban kinerja pengurus periode 2018/2019
  

Penetapan dan pengesahan sidang AD/ART 
Debat Calon General Manager

General Manager dan Wakil General Manager 2019/2020 terpilih




Oleh: Nur Laila Balad






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAMFLET SEMINAR NASIONAL PRESALE 2

SERTIJAB 2023