DIKMEN DAN MAKRAB 2018




Assalamualakum Wr. Wb.

BRAVO KOPMA!!

          Pada hari Sabtu-Minggu, 10-11 November 2018 telah dilaksanakan Dikmen dan Makrab selama 2 hari bertempat di Ruang Auditorium Polines dan Guest House Sebantengan Ungaran dengan tema "Membentuk Generasi Intelek dan Berkarakter untuk Kemandirian Koperasi. Dikmen (Pendidikan Menengah) adalah pendidikan kedua dalam serangkaian proses kaderisasi sebagai syarat menjadi pengurus Kopma BM Polines periode selanjutnya. Sedangkan Makrab merupakan kegiatan mengakrabkan antara calon pengurus dengan pengurus Kopma BM Polines.

          Pada acara dikmen terdapat 3 materi yang dibahas. Materi pertama mengenai manajemen koperasi yang disampaikan oleh Ir. Wahyu Istiyanti, M.M selaku Ketua Balai Latihan Koperasi Kota Semarang. Materi tersebut berisi pengelolaan perangkat organisasi koperasi dalam menjalankan kegiatan perkoperasian. “Kunci utama keberhasilan usaha melalui koperasi adalah loyalitas dan komitmen para anggota dalam mentaati keputusan”. Materi kedua dibawakan oleh Callista Herdianingtyas dan Irna Mahmudah dari Akademi Trainer Muda yang membahas tentang melatih diri dalam public speaking. “Berbicara tak sekedar melontarkan kata, bicara harus paham makna dan mampu bertanggung jawab atas yang dibicarakan.” Materi terakhir adalah legislatif yang disampaikan oleh Fauzan Rizqi Al-Haqim dari Badan Perwakilan Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Materi ini menjelaskan tentang tata cara dalam persidangan. Acara dilanjutkan dengan mempraktikan materi sidang. Rizki Nurahmat Saputra selaku presidium 1 mengatakan “saya merasa gugup karena jarang bicara di depan umum dan bingung harus bicara apa. Tapi dengan adanya pelatihan ini membuat saya lebih berani tampil di depan umum, berlatih jadi pemimpin dan berpikir cepat dalam mengambil keputusan”.

          kegiatan berikutnya yaitu makrab yang dilaksanakan di  Guest House Sebantengan Ungaran. Acara ini bersifat santai mulai dari istighosah, makan bersama, penampilan seni dari calon pengurus, sharing, senam pagi dan game. Para alumni kopma pun turut hadir  dalam memeriahkan acara dan menambah suasana akrab antara alumni, pengurus dan calon pengurus. Semoga dengan diadakan kegiatan dikmen dan makrab ini dapat menambah wawasan yang nantinya diharapkan dapat dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. 












Oleh: Nur Laila Balad

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAMFLET SEMINAR NASIONAL PRESALE 2

SERTIJAB 2023