RAT KOPMA BM POLINES KE - XXIX


Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi dalam koperasi untuk mempertanggung jawabkan kinerja pengurus dan badan pengawas selama satu periode kepengurusan serta menetapkan AD/ART sebagai sarana dalam pengawasan dan pengambilan keputusan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Acara berlangsung secara bertahap pada tanggal 17 – 27 Juni 2020. Kopma Bahtera Manunggal Polines menyelenggarakan acara RAT yang ke XXIX dengan tema “Wujudkan Transparansi Untuk Koperasi yang Mandiri dan Berdemokrasi” secara online via Whatsapp Grup Kopma BM Polines. Peserta terdiri dari pengurus kopma BM periode 2019/2020, Calon Pengurus periode 2020/2021, demisioner dan alumni Kopma BM Polines, serta perwakilan kelas dan ormawa Polines. Adapun rangkaian acara RAT ini adalah Laporan Pertanggungjawaban dan evaluasi kinerja kepengurusan periode 2019/2020, pengesahan AD/ART, serta dilanjutkan dengan pemilihan General Manager dan Badan Pengawas Kopma Bahtera Manunggal Polines periode 2020/2021.

Acara pertama yakni LPJ kepengurusan. Dari segi kepengurusan untuk periode 2019/2020 Kopma BM Polines berjalan dengan baik dan ada beberapa peningkatan pada kegiatan tertertu. Seperti Seminar Nasional dimana kegiatan tersebut pada tahun sebelumnya ditiadakan. Namun tetap ada kekurangan yang harus dievaluasi untuk kepengurusan selanjutnya. Dari segi usaha mengalami penurunan di akhir masa kepengurusan karena adanya pandemi yang mengakibatkan kegiatan usaha dihentikan sementara waktu.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu pengesahan AD/ART untuk periode selanjutnya 2020/2021. Media yang digunakan dengan pengisian opsi pada google form oleh peserta aktif yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan di forum grup WA untuk pengambilan keputusan.

Rangkaian acara yang ketiga yaitu debat calon General Manager Kopma BM Polines 2020/2021 dengan kandidat nomor urut 1 Afiv Setyaji jurusan Teknik Elektro, Kandidat nomor urut 2 Dina Amelia jurusan Akuntansi, dan kandidat dengan nomor urut 3 Beni Hartanto Setiyadi jurusan Teknik Elektro. Acara debat, pemilihan General Manager, dan Badan Pengawas dilaksanakan secara online via google meet. Setelah sesi debat dilakukan ketiga calon, kemudian diadakan musyawarah untuk menentukan General Manager periode selanjutnya yang dipimpin oleh Achmad Ridwan selaku General Manager Kopma BM Polines 2019/2020. Forum sepakat untuk memilih kandidat nomor urut 1 Afiv Setyaji sebagai General Manager. General Manager terpilih menentukan wakil dengan menunjuk Dina Amelia sebagai wakil General Manager Kopma BM Polines 2020/2021. Acara terakhir yakni pemilihan badan pengawas. Badan pengawas terpilih  Kopma BM Polines 2020/2021 adalah Chikmatul Choiriyah, Desiana Safitri, dan Riski Amalia.

Dengan diadakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan diharapkan dapat menambah pengetahuan untuk kinerja kepengurusan periode selanjutnya, dan selalu amanah dalam mengemban tanggung jawab serta dapat membawa Kopma BM Polines menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAMFLET SEMINAR NASIONAL PRESALE 2

SERTIJAB 2023