DIES NATALIS KOPMA BAHTERA MANUNGGAL KE - 26



Assalamualaikum Wr. Wb
BRAVO KOPMA!!

Sabtu, 11 Januari 2020 telah dilaksanakan kegiatan Dies Natalis ke – 26 yang diselenggarakan oleh UKM Kopma Bahtera Manunggal Politeknik Negeri Semarang dengan tema “Solidarity In Diversity”. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai puncak dalam tiga rangkaian acara yang meliputi Seminar Nasional, Lomba Esai Nasional, dan Temu Keluarga Kopma.

Acara Dies Natalis ini diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahun Kopma Bahtera Manunggal Politeknik Negeri Semarang yang ke- 26. Dies Natalis dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka secara simbolis oleh Saudara Achmad Ridwan selaku General Manager Kopma BM Polines ditandai dengan pemukulan gong. Acara ini dilaksanakan di 2 tempat yaitu ruang Auditorium sebagai pusat kegiatan dan Gedung Sekolah Satu sebagai tempat pelaksanaan presentasi Lomba Esai Nasional.

Seminar Nasional dengan tema “Improve your Mind and Creativity to be Competitive Entrepreneurs in Digital Era” mendatangkan 3 pembicara, yang diawali dengan penyampaian materi dari pembicara pertama oleh Saudara Nourrobby Aulada selaku Owner Bebek Betutu & Garasi Mobil Semarang. Materi yang pertama berisi tentang kiat-kiat membangun usaha dan cara memperkenalkan usaha. Kemudian dilanjutkan dengan pembicara yang kedua oleh Saudari Anis Sa’adah selaku Founder & CEO InnoCircle. Materi yang disampaikan mengenai Konsep Bisnis Start Up Perkoperasian serta cara-cara meningkatkan eksistensi koperasi di era sekarang. Selanjutnya penyampaian materi dari pembicara utama oleh Dr. Tirta Mandira Hudhi selaku Medical doctor & CEO shoesandcare. Materi yang disampaikan mengenai pola pikir kreatif dalam menciptakan sebuah ide untuk berwirausaha dan tips-tips bagi seseorang yang sedang merintis usaha.

Saat acara Seminar Nasional berlangsung, dilaksanakan pula rangkaian acara kedua yaitu Lomba Esai Nasional dengan tema “ Optimalisasi Peran Milenial dalam Menghadapi Tantangan Global menuju Indonesia Emas 2045” dengan Sub Tema Teknologi, Ekonomi, dan Sosial Budaya. Lomba ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa se-Indonesia. Presentasi dilakukan di ruang 102 . Para finalis memaparkan materi mengenai naskah esai yang telah dikirimkan. Dewan juri Lomba Esai Nasional adalah Achmad Zaenuddin, S.E,M.Si, Fuad Widyantoro,S.E, dan Dr.Dra. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si
 

Acara berikutnya yaitu pengumuman pemenang belanja terbanyak di Toko Kopma dan Lomba Esai Nasional. Pengumuman 3 pemenang belanja terbanyak yaitu Bagus Yudha dengan total belanja Rp 2.070.050, Anisyah Triastuti Rosmawati sebesar Rp 1.435.467, dan Ella Alferina sebanyak Rp 1.329.000. pengumuman yang ditunggu-tunggu adalah kejuaraan Lomba Esai Nasional. Juara 3 diraih oleh Aris Ariyanto kategori kelompok dari Politeknik Negeri Semarang, Juara 2 diraih oleh Aqil Alifian kategori kelompok dari Politeknik Ngeri Semarang, dan Juara pertama diraih oleh Faizal Muhammad Zubair kategori kelompok dari Universitas Brawijaya. 

Rangkaian acara Dies Natalis berlanjut hingga malam hari dengan mengadakan kegiatan Temu Keluarga Kopma. Temu Keluarga Kopma ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun untuk mempertemukan para alumni dan demisioner dengan pengurus dan kader sekaligus merayakan hari ulang tahun kopma. Acara dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh General Manager Kopma 2019-2020 yang kemudian diserahkan kepada perwakilan alumni. Acara selanjutnya adalah talkshow yang mengundang 2 pembicara alumni kopma yaitu saudara Tri Puji Hidayat dan Nur Chasanah. Dalam acara talkshow ini alumni berbagi cerita mengenai pengalaman saat menjabat di kopma dan memberi motivasi kepada pengurus dan kader kopma. Yang terakhir acara ditutup dengan hiburan dan foto bersama. Diharapkan di ulang tahun Kopma yang ke 26 ini Kopma bisa semakin jaya serta semakin maju dan berkembang usahanya.


Wassalamualaikum Wr. Wb.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAMFLET SEMINAR NASIONAL PRESALE 2

SERTIJAB 2023