DIES NATALIS KE-25 KOPMA BAHTERA MANUNGGAL



Semarang. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang jatuh tanggal 11 Januari , UKM Koperasi Mahasiswa Bahtera Manunggal Politeknik Negeri Semarang menyelenggarakan Dies Natalis ke-25 pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 dengan tema “Togetherness in Harmony and Diversity”. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai puncak dalam tiga rangkaian acara yang meliputi National Essay Competition, pemilihan Duta Koperasi Mahasiswa Bahtera Manunggal dan Temu Keluarga Kopma.
Dies Natalis dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka secara simbolis oleh Adhy Purnomo, ST., MT selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dengan pemukulan gong. acara ini dilaksanakan di 2 tempat yaitu ruang Auditorium sebagai pusat kegiatan dan ruang 101 Gedung Sekolah Satu sebagai tempat pelaksanaan presentasi. Sebelum terlaksananya Dies Natalis, terdapat rangkaian acara pertama yaitu National Essay Competition yang dibuka pendaftarannya pada 15 Oktober 2018 untuk mahasiswa umum seluruh Indonesia dengan mengusung tema “Optimalisasi Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Industri 4.0”. Lomba ini diikuti oleh 241 peserta seluruh Indonesia dengan rincian 88 peserta kategori individu dan 153 peserta kategori kelompok yang kemudian dipilih 10 finalis untuk mempresentasikan karya esainya di kampus Politeknik Negeri Semarang. Sepuluh finalis yang lolos yaitu:
1.      Putri Saadatul Abadiyah-Kelompok (UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
2.      Imam Arifin-Kelompok (UNIVERSITAS SEBELAS MARET)
3.      Nefa Wahyuning Anggraini-Kelompok (UNIVERSITAS BRAWIJAYA)
4.      Ari Purnomo Aji-Individu (POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN)
5.      Maria Dita Pitharaksita-Kelompok (UNIVERSITAS DIPONEGORO)
6.      Sinta Novia-Individu (UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
7.      Yodi Agus Pratama-Kelompok (UNIVERSITAS NEGERI PADANG)
8.      Adi Sakti Almajid-Kelompok (UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
9.      Hikmah Tullah-Kelompok (UNIVERSITAS MATARAM)
10.  Moch Faizal Rachmadi-Kelompok (UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Presentasi dilakukan di ruang 101 setelah para peserta mengikuti pembukaan Dies Natalis.para finalis memaparkan materi mengenai naskah esai yang telah dikirimkan. Dewan juri pada lomba esai kali ini adalah Achmad Zaenuddin, SE., M.Si, Dr. Jumi, S.Kom., M.Kom dan Iwan Budiyono, SE., M.Si., Akt.
Saat acara lomba berlangsung, dilaksanakan pula rangkaian acara kedua yaitu pemilihan Duta Koperasi Mahasiswa dengan dewan juri yaitu saudari Putri Sekardya Puspita A sebagai finalis duta lingkungan 2018 dan Tommy Prayitno, ST., MM. dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Tahapan seleksi Duta Koperasi Mahasiswa dimulai pada 8 Desember 2018 hingga kemudian dipilih 10 finalis. Pemilihan duta dibuka dengan fashion show 10 finalis yang dilanjut dengan menampilkan bakat dan tanya jawab seputar koperasi pada puncak perayaan Dies Natalis.

Acara berikutnya yaitu pengumuman pemenang belanja terbanyak di Toko Kopma, pengumuman Duta Koperasi Mahasiswa dan pengumuman National Essay Competition. Pengumuman 3 pemenang belanja terbanyak yaitu Teguh Aji Wibowo dengan total belanja Rp 1.515.000, Fathoni Kurnia Ramadhani sebesar Rp 966.000 dan Maria Azka S.W sebanyak Rp 756.400. Pengumuman kedua adalah penentuan Duta Koperasi Mahasiswa yang terdapat 2 kategori, yaitu juara favorit yang diambil dari like terbanyak di instagram kopma dan  juara duta koperasi mahasiswa dinilai oleh dewan juri serta para peserta yang hadir menyaksikan. Juara favorit adalah Titi Riyanti dari jurusan Akuntansi dan juara Duta Koperasi Mahasiswa yaitu M. Nur Cahyanto dan Riski Amalia dari jurusan Akuntansi. Setelah itu dilakukan penyematan selempang kepada juara duta dan pemberian piala bergilir. Pengumuman yang ditunggu-tunggu adalah kejuaraan National Essay Competition 2019. Juara 3 diraih oleh Imam Arifin kategori kelompok dari Universitas Sebelas Maret dengan anggota Triyana Suryaning P. Juara 2 diraih oleh Nefa Wahyuning Anggraini kategori kelompok dari Universitas Brawijaya dengan anggota Dania Nur Shabrina. Juara 1 diraih oleh Putri Saadatul Abadiyah kategori kelompok dari Universitas Negeri Semarang dengan anggota Budi Wijaya dan Ulul Albab.
Rangkaian acara Dies Natalis berlanjut hingga malam hari dengan mengadakan kegiatan Temu Keluarga Kopma . Acara dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh general manager 2018-2019 yang kemudian diserahkan kepada pembina. Acara selanjutnya adalah talkshow yang mengundang 3 pembicara alumni kopma yaitu saudara Dwi Sudiyanto A.Md., S.T selaku general manager 2014-2015 , Tri Puji Hidayat,S.Tr selaku general manager 2015-2016 dan Meda Deni Kristanto, S.Tr selaku general manager 2016-2017. Temu Keluarga Kopma dihadiri oleh pembina kopma yaitu Bapak Achmad Zaenuddin, SE., M.Si, para pengurus, calon pengurus dan alumni demisioner. Kesimpulan dari acara talkshow ini adalah ketika menjalani organisasi janganlah selalu melihat ke bawah. Fokuslah pada tujuan walau terdapat berbagai macam rintangan yang harus dilalui sebagai pijakan untuk meraih kesuksesan di masa depan. Acara ditutup dengan hiburan dan foto bersama.

  
Pembukaan Dies Natalis ke-25 Kopma Bahtera Manunggal Politeknik Negeri Semarang oleh Adhy Purnomo, ST., MT selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan

Pemenang belanja terbanyak di Toko Kopma
  
Juara favorit dan Gelar Duta Koperasi Mahasiswa Bahtera Manunggal
Politeknik Negeri Semarang tahun 2019
 

Kejuaraan National Essay Competition 2019
 
Pemotongan tumpeng oleh general manager 2018-2019 yang diserahkan kepada pembina
Sesi talkshow bersama 3 pembicara





Oleh: Nur Laila Balad

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAMFLET SEMINAR NASIONAL PRESALE 2

SERTIJAB 2023