BCAMT



Peserta BCAMT
Oleh : Putri Ayu

BCAMT merupakan salah satu proker ( program kerja ) dari koperasi mahasiswa. Pada umumnya dalam sebuah koperasi terdapat tiga pendidikan. Tiga pendidikan tersebut adalah pendidikan dasar koperasi, pendidikan menengah, dan pendidikan lanjutan. Sebagai salah satu bagian dari koperasi, Kopma "Bahtera Manunggal" Polines telah melaksanakan kegiatan BCAMT (Basic Cooperation Achievement and  Management Training) sebutan untuk pendidikan dasar di Kopma Polines. BCAMT adalah program kerja yang bertujuan untuk  mengenalkan pengertian tentang koperasi, prinsip dasar koperasi, dan bagian – bagian dari sebuah koperasi. BCAMT itu sendiri ditujukan kepada calon pengurus kopma agar, calon pengurus kopma itu sendiri mengetahui tentang pengertian koperasi, prinsip dasar koperasi, dan bagian – bagian dari sebuah koperasi. Dan diharapkan setelah mengikuti acara BCAMT tersebut dapat memanajemen koperasi sesuai dengan sistematika koperasi pada umumnya.

Berikut ini adalah pendapat dari seorang GM ( General Manager ) atau sebutan bagi Ketua Kopma Polines tentang pelaksanaan acara BCAMT itu sendiri. “ Alhamdulillah BCAMT  acaranya dapat terlaksana dengan baik meskipun masih terdapat kekurangan. Hal ini di sebabkan karena ada salah satu pembicara yang sedang berhalangan tidak hadir dan memberikan konfirmasi ketidakhadirannya pada saat hari H. Sehingga salah satu dari pembicara ada yang membawakan lebih dari satu materi untuk dijelaskan. Pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut kebetulan berbenturan dengan beberapa UKM lain sehingga tempat yang tersedia terbatas sehingga menyebabkan beberapa peserta merasa kurang nyaman, ini merupakan evaluasi untuk kepengurusan selanjutnya supaya dapat mengatur persiapan yang lebih baik, apresiasi saya ucapkan kepada segenap pengurus yang telah membantu dalam kegiatan tersebut”. Tutur dari Zainal Abidin selaku Ketua Kopma Polines.
“ Menurut saya, kepengurusan  BCAMT tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya. Hal ini dilihat dari segi peserta, pemateri, dan program- program baru yang dibuat kali ini yaitu STW ( Solid Team Work). STW adalah suatu program untuk calon pengurus agar bisa berlatih mandiri untuk berwirausaha sejak dini. Di bagian acara kurang persiapan, acaranya kurang sesuai dengan yang direncanakan.”. Itulah pendapat dari seorang Wakil GM Dwi Sudiyanto.
Dalam pelaksanaan kegiatan BCAMT diberikan pengetahuan tentang perkoperasian, kewirausahaan, dan keorganisasian untuk mengembangkan potensi., ilmu dan pengetahuan. Selain itu peserta yang terdiri dari pengurus dan calon pengurus baru Kopma mengikuti kegiatan sebagai berikut:
1.      Penyampaian materi tentang perkoperasian
2.      Penyampaian materi tentang kewirausahaan
3.      Penyampaian materi tentang keorganisasian
Pengurus dan calon anggota baru kopma menjadi bertambah wawasan tentang perkoperasian, kewirausahaan, dan keorganisasian. Selain itu lebih mengenal kendala dan tantangan yang dihadapi dalam dunia perkoperasian, kewirausahaan, dan keorganisasian setelah mendapatkan masukan tambahan pengetahuan dari berbagai sumber salah satunya dari KOPINDO (Koperasi Pemuda Indonesia) pada saat kegiatan BCAMT  di Politeknik Negeri Semarang. Dari kegiatan ini pengurus dan calon anggota baru kopma menyadari bahwa mencari ilmu dan pengetahuan sangat penting untuk menambah pengetahuan kita. Dan semua potensi yang kita miliki dapat digunakan untuk meringankan beban apabila kita bisa saling berbagi dengan sesama.
Ada beberapa dampak yang ditimbulkan dalam kegiatan BCAMT ini, salah satunya yaitu pengurus dan calon anggota baru kopma. Dengan adanya kegiatan tersebut kita saat mengembngkan kreatifitas dalam koperasi mahasiswa di Politeknik Negeri Semarang. Disamping itu kita dapat termotivasi untuk lebih memperluas pengetahuan demi meraih cita- cita di masa depan.
Pelaksanaan kegitan ini sudah memenuhi target yang diharapkan. Karena kegiatan berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Dari pihak pembicara sudah memberikan materi kepada seluruh pengurus dan calon anggota baru kopma dengan baik. Seluruh pengurus dan calon anggota baru kopma tampak semangat dan antusias dalam mengikuti serangkain kegiatan yang diadakan pada kegiatan BCAMT ini.
Kesimpulan dari kegiatan BCAMT ini sudah berjalan lancar walaupun masih ada beberapa kekurangan. Kegiatan ini memang menarik dan dapat meningkatkan jiwa perkoperasian, kewirausahaan, dan keorganisasian karena berguna dan bermanfaat bagi panitia dan peserta. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta maupun panitia dapat memahami tentang pentingnya ilmu, pengetahuan, dan potensi untuk meningkatkan keterampilan dalam menjalankan sebuah koperasi atau menjalankan sebuah usaha di masa depan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAMFLET SEMINAR NASIONAL PRESALE 2

SERTIJAB 2023